Jangan Sampai Lupa, Barang-Barang Ini Wajib Kamu Bawa saat Mendaki Gunung!

Barang Dibawa Mendaki Gunung
sumber : yukepo.com
                                           
Mendaki gunung merupakan kegiatan yang tidak pernah habis oleh waktu. Alam yang begitu indah dan mempesona dilihat dari atas gunung. Menurut sebagian kalangan para mahasiswa atau para pendaki pemula, kegiatan seperti mendaki gunung menjadi kegiatan yang wajib untuk mengisi masa muda mereka dengan penuh tantangan. 
 
Ketika melakukan perjalanan untuk mendaki gunung, tentunya kita tidak dapat melakukan secara dadakan harus ada persiapan yang khusus. Persiapan tersebut mencakup persiapan fisik ataupun persiapan macam-macam alat perlengkapan untuk mendaki. Bagi persiapan fisik misal seperti, push up, sit up, lari dan sebagainya. Persiapan yang rutin seperti fisik perlu kamu lakukan sebelum mendaki supaya stamina tubuhmu tetap terjaga. 
 
Untuk perlengkapan saat mendaki gunung, kamu perlu menyiapkan macam-macam barang. Di artikel ini kami akan membahas barang-barang yang wajib kamu bawa saat mendaki gunung. Yuk, simak selengkapnya!  
 
Carrier atau tas gunung

                                             
Carrier atau tas gunung
   sumber : womantalk.com
                                                  
Carrier atau tas gunung menjadi salah satu barang yang wajib kamu bawa. Tas gunung dibutuhkan untuk menyimpan macam-macam perlengkapan yang kamu ingin bawa. Carrier juga menyediakan berbagai macam ukuran dari yang terbesar sampai yang terkecil seperti 100 L, 90 L, 60 L,  dan 40 L
 
Kamu bisa pilih tas gunung yang sesuai dengan barang bawaan. Jika kamu mendaki gunung dalam waktu yang singkat, kamu bisa gunakan carrier dengan ukuran 40 sampai 60 L. Akan tetapi, jika ingin melakukan perjalan yang cukup lama maka pilih carrier dengan ukuran 90 sampai 100 L. Bukan hanya itu saja, buat kamu pendaki pemula, sebaiknya kamu membiasakan diri dengan membawa tas gunung sebelumnya.

Tenda
 
Tenda Gunung
sumber : pinterest.com
                           
Tenda merupakan rumah pelindung saat kamu melakukan perjalanan mendaki. Tenda melindungi kamu dari suhu yang dingin dan hewan-hewan liar di hutan. Maka dari itu, pilihlah tenda dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. 
 
Pakaian
 
Pakaian juga salah satu barang yang sangat penting kamu bawa saat mendaki. Untuk pakaian, kamu siapkan beberapa pakaian seperti celana panjang, sarung tangan, penutup kepala, kaus kaki, jaket dan sebagainya. Untuk melindungi tubuhmu dari kedinginan di atas gunung, kamu perlu membawa jaket. Jaket sangat diperlukan supaya saat kedinginan, suhu badan kamu tetap terjaga sampai terhindar dari yang namanya hipotermia.
 
Bukan hanya jaket saja, celana panjang juga menjadi salah satu barang terpenting untuk dibawa saat hendak mendaki. Penutup kepala dan jas hujan pun menjadi bagian pakaian yang tidak boleh tertinggal saat ingin pergi mendaki gunung. Jas hujan bisa digunakan tidak hanya untuk melindungi badanmu saja, tetapi juga bisa melindungi carrier atau tas gunung apalagi ukuran pada jas hujan umumnya lebar.

Sandal gunung dan sepatu
 
Sandal gunung dan sepatu
sumber : tripjalanjalan.com
                                           
Dalam perjalanan hendak mendaki gunung, tentunya kamu akan menemukan banyaknya situasi yang tak terduga. Alas kaki juga menjadi hal penting untuk membuatmu tetap terlindungi selama melakukan perjalanan. Hal ini perlu keamanan ekstra, maka dari itu pilihlah sepatu gunung dalam perjalanan mendaki.
 
Karena sifatnya yang tertutup dengan sepatu gunung bisa membuat kaki kamu lebih terlindungi dari hewan maupun benda-benda yang aneh dan berbahaya. Walaupun seperti itu, kamu harus tetap membawa sandal gunung untuk cadangan saat sepatu kamu rusak atau saat ingin mengistirahatkan kakimu ketika sampai di puncak nanti.

Makanan dan minuman
 
Makanan Gunung
 sumber : hipwee.com
                                                
Tolong kamu pertimbangkan jumlah makanan dan minuman yang akan dibawa pada saat mendaki. Diusahakan membawa makanan yang mengandung karbohidrat dibanding membawa makanan instan. Jika kamu orang yang sering membuat instastory di Instagram, kamu pasti ingin mengabadikan makan di atas gunung dengan pemandangan yang sangat indah? Maka, kamu tidak perlu lagi membawa kamera! Cukup gunakan handphone saja.
 
Menggunakan handphone lebih praktis dan efisien bagi para pendaki gunung. Apalagi handphone android sangat banyak mengeluarkan fasilitas yang memadai mulai dari kamera, mesin atau covernya. Dari segi harganya juga tidak diragukan lagi, sebab sekarang harga hp android pun sudah sangat terjangkau sekali.

Obat-obatan
 
Obat-obatan

                                               sumber : olympics30.com
 
Membawa obat-obatan juga menjadi yang terpenting untuk mengatasi cedera ketika sedang melakukan pendakian dan sakit-sakit ringan seperti pusing atau masuk angin. Kamu bisa menyediakan obat yang ada dikotak P3K seperti, obat mengatasi nyeri, obat penurun panas, obat antibiotik untuk mengobati luka yang lecet, obat pengurang nyeri, obat alergi dan obat diare.
 
Handphone
 
Handphone

                                              sumber : kompasiana.com
 
Mungkin benda yang satu ini tidak akan kamu lupakan. Handphone sudah menjadi teman sehari-hari di zaman seperti sekarang ini. Dengan membawa handphone kamu bisa abadikan moment bersama teman-temanmu sesudah sampai puncak gunung. Bukan hanya itu saja, kehadiran handphone yang semakin canggih bisa memanjakan penggunanya mulai dari kamera, compass, stopwatch, kalkulator, music dan sebagainya. 
 
Ketika ingin mendaki gunung, kamu tidak perlu lagi membaca kompas guys! Kamu bisa gunakan kompas melalui handphone. Selain mengurangi bawaan banyak handphone juga lebih praktis. Tidak perlu menggunakan handphone yang mahal, guys! Handphone android saja sudah memenuhi segalanya, harga handphone pun tidak begitu mahal untuk jenis android.
 
Trash bag
 
Trash bag Gunung

                                                 sumber : satutenda.com
 
Trash bag juga perlu tersedia untuk menaruh sampah selama perjalananmu ketika mendaki. Kebersihan harus dijaga dimanapun kamu berada. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa trash bag.
 
Nah, itulah barang-barang yang wajib kamu bawa saat mendaki gunung. Semoga artikel ini membantu! Selamat mendaki!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »