Dosen IPB Raih Penghargaan Academic Leader 2019

Dosen IPB

Kota Bogor punya banyak perguruan tinggi dan salah satu perguruan tinggi bogor yang paling diakui dan tergolong paling bagus adalah IPB University. Tenaga pendidik yang mencapai 1.300 orang ini menjadikan IPB university banyak menjadi inspirator bagi mahasiswa untuk senantiasa produktif dalam usia muda. 
 
Itu karena tidak sedikit Dosen IPB yang Berprestasi dan memiliki dedikasi tinggi dalam mendidik mahasiswa agar memiliki karakter-karakter positif, leadership kuat, berjiwa entrepreneur, cerdas dan berintegritas.
 
IPB University mempunyai tagline, inspiring innovation with integrity. Yang merupakan harapan agar apa yang bisa kita inspirasikan adalah inovasi yang bisa tercipta kalau memiliki integritas. Karena integritas yang baik akan mewujudkan kolaborasi yang baik. Jadi sangat penting peran Dosen IPB dalam membentuk Mahasiswanya.
 
Para Pendidik IPB University sudah tidak diragukan lagi memiliki berbagai kompetensi dalam bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika. Karena terbukti sudah banyak karya dosen IPB yang menjadi referensi dan rujukan seperti dalam bidang peternakan, pertanian, perikanan, kehutanan, teknologi pangan, gizi masyarakat, pembangunan pedesaan, manajemen, pengembangan sumberdaya manusia, dan lain sebagainya.
 
Terbaru dua dosen dan rektor IPB University mendapatkan penghargaan Academic Leader Award 2019 dari Kemenristekdikti. untuk Kategori Dosen dengan Tugas Tambahan Pemimpin Perguruan Tinggi. Academic Leader Award dipersembahkan Kemenristekdikti sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada dosen yang telah menghasilkan karya inovasi yang sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.
 
Penghargaan Academic Leader 2019 diberikan untuk para akademisi, khususnya dosen yang telah berkontribusi dalam kemajuan pendidikan tinggi Tanah Air. Adapun penghargaan ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni kategori dosen sebagai Academic Leader; kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai Pimpinan Perguruan Tinggi, dan kategori Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).
 
Untuk kategori Dosen bidang Teknologi, Prof Dr Slamet Budijanto, Magr didapuk sebagai juara pertama. Prof Dr Slamet Budijanto, Magr yang juga Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Teknologi Pertanian, IPB University ini memiliki inovasi diversifikasi pangan. Beliau secara aktif mengembangkan vehicle untuk diversifikasi sumber pangan, terutama sumber-sumber pangan lokal. Tujuannya untuk menguatkan misi kedaulatan pangan.
 
Untuk kategori lain, Dr Illah Sailah juga dinobatkan sebagai juara 2 Academic Leader kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Beliau tercatat sebagai dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB University. Selain itu Dr. Arif Satria yang merupakan rektor IPB University terpilih sebagai second winner pada kategori Academic Leader Dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi.
 
Bukan itu saja ada juga penghargaan lain yang didapat para dosen IPB University antara lain, Dosen Muda IPB Juara Pertama L’Oreal-UNESCO For Women in Science 2018, International Mollie Holman Medal, Laureate Program Make Our Planet Great Again dan ragam prestasi internasional lainnya.
 
IPB University Hampir setiap tahun selalu menempati posisi tiga besar penghargaan dosen berprestasi tingkat nasional yang seleksinya dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI. Ragam prestasi dosen lainnya diantaranya Sarwono Award, Wallacea Grant Award British Council Newton Fund, Best Syariah Awards dan lain-lain. Sebagai peneliti, buah pemikiran, hasil penelitian dan inovasi karya dosen IPB University mewarnai dunia pendidikan di Indonesia. Selama sepuluh tahun berturut-turut sejak tahun 2008, inovasi dosen mendominasi dalam Inovasi Indonesia Paling Prospektif yang dikeluarkan Business Innovation Center (BIC)-Kemenristekdikti RI.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »