Kenali Gejala Pilek Bayi Sejak Dini, Berikan Obat Pilek Yang Tepat!

Obat Pilek Bayi

Bayi berusia kurang dari satu tahun sangat rentan terkena pilek dan flu. Bahkan, jika dihitung-hitung para bayi dapat mengalami lebih dari 5 kali. Hal ini tentu membuat para ibu khawatir karena si kecil menjadi rewel. Penyebab utamanya biasanya pilek bayi disertai demam dan flu. Agar penyakit anak segera reda, maka dapat menggunakan obat pilek untuk bayi.
 
Perlu diperhatikan kondisi cuaca buruk dapat menjadi penyebab pilek menyerang bayi. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lemah. Faktanya ada 100 jenis virus penyebab flu dan pilek tersebar melalui udara. Anda wajib mengetahui gejalanya terlebih dahulu baru memutuskan pengobatan dan perawatan yang digunakan.
 
Gejala Pilek
Ahli kesehatan anak balita mengungkapkan, setiap bayi akan mengalami pilek setelah 1-3 hari diserang virus. Adapun beberapa gejala yang patut diwaspadai yakni hidung gatal-gatal, mampet, mengeluarkan ingus berwarna hijau atau kuning. 
 
Gejala awal pilek paling sering dialami bayi seperti batuk-batuk, bersin, rewel, nafsu makan menurun. Tidak jarang mereka juga susah tidur dan terbangun di malam hari. Untuk serangan pilek yang lebih parah disertai diare, demam, dan muntah-muntah. Gejala ini akan berlangsung selama 7-10 hari jika dibiarkan begitu saja.
 
Perawatan dan Pengobatan
Apabila bayi terkena pilek jangan diberikan sembarangan antibiotik. Sebab, antibiotik hanya membunuh bakteri, sedangkan pilek berasal dari virus. Ikatan Dokter Indonesia juga melarang para orang tua memberikan obat flu dan pilek yang dijual bebas diapotik untuk bayi berusia kurang dari 12 bulan.
 
Obat pilek bebas ini memang ampuh tetapi bagi anak berusia 4 tahun keatas. Justru memberikannya pada bayi dapat berakibat fatal. Langkah awal paling tepat adalah berkonsultasi ke dokter anak atau bidan. Sehingga perawatan dan pengobatan untuk bayi Anda lebih aman serta terjamin.
 
Atasi Demam Si Kecil
Jika bayi Anda demam mungkin karena kekurangan cairan atau ASI. Anda wajib memberikan sesering mungkin guna mencegah dehidrasi dan pilek semakin merajalela. Disamping itu, perhatikan kelembaban udara ruangan, udara kering mampu menyiksa hidung si kecil yang tersumbat. Jika demam terus berlanjut maka dapat memberikan psidii kapsul untuk meningkatkan trombosit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »